Thursday, March 1, 2007

FUNGSI-FUNGSI BLOG

Seperti kita ketahui blog berfungsi sebagai media online yang biasa digunakan untuk menulishal-hal, data-data dan seputar informasi yang bersifat pribadi. Seiring dengan perkembangan zaman , maka fungsi blog berubah fungsi menjadi sarana informasi tentang hal-hal yang sifatnya komersial. Adapun fungsi blog adalah sebagai berikut:
~ Blog digunakan untuk Menulis Diary
Banyak orang menggunakan blog sebagai diary online. Mereka menulis hal-hal yang bersifat pribadi, misalnya tentang hubungannya dengan seseorang, pengalaman, bahkan masalah keluarga.

~ Blog digunakan untuk Belajar Menjadi Penulis
Beberapa orang menggunakan blog sebagai sarana untuk belajar menulis. Banyak orang yang menjadi penulis sukses dan terkenal, bahkan ada yang diminta untuk membuat film.

~ Blog digunakan sebagai Media Kampanye
Di Singapura ada seorang blogger yang masuk dalam parlemen karena menggunakan blog sebagai media kampanye.

~ Blog digunakan untuk Tutorial
Blog jenis ini banyak dicari orang karena tutorialnya tentang cara untuk mengedit blog.

~ Blog digunakan untuk Promosi Bisnis
Jika Anda mempunyai sebuah usaha, maka media yang paling tepat untuk mempromosikan usaha adalah blog, karena data-data produk terbaru tentang usaha Anda bisa dengan cepat diupload.

~ Blog digunakan sebagai Sumber Penghasilan
Banyak pengguna blog dekade ini sudah memberikan tarif bayar untuk akses ke blog mereka.




A. Alasan Menggunakan Blog.
Dari penjelasan mengenai fungsi blog telah kami paparkan diatas dimana gunanya orang memakai blog, hal tersebut dari segi fungsi, tetapi kenapa orang sangat antusias memakai blog dibandingkan fasilitas internet lainnya ? Hal ini terjadi karena dari segi pembuatan blog sampai pada tampilannya sangat MUDAH, yaitu :

1. Mudah dipelajari.
Untuk membuat sebuah blog banyak literature, tutorial baik tulisan maupun video bertaburan di berbagai media internet. Malahan ada beberapa blog yang menyediakan fasiltas pembuatan blog tersebut.

2. Mudah didesain.
Untuk tampilan blog, template-nya banyak disediakan di berbagai media internet, dari gratis maupun berbayar dan semuanya itu sangatlah mudah untuk dimengerti, hanya diuplode, dicopy-paste scriptnya ataupun tersedia di blog tersebut, design-nya yang menarik,cantik,fantatis.

3. Mudah dikenal.
Blog merupakan sarana paling tercepat untuk memperkenalkan siapa diri kita/pengguna tersebut di seluruh dunia, sehingga sangatlah mudah untuk menjadi terkenal karena blog. Khusunya di BLOGGER.COM, pengguna yang memakai blog ini akan sangat terkenal karena blog ini didukung oleh group perusahaannya yaitu GOOGLE.COM

4. Mudah menyebarkan informasi.
Alasan inilah yang dicari oleh pengguna, dimana media internet yaitu blog, menjadi bahan pencetus ide-ide/informasi malahan sebagai media komunikasi interaktif yang sangat cepat orang lain mengetahui.

B. Alasan memilih BLOGGER.COM.
Banyak blog-blog di media internet yang tersebar diseluruh dunia, antara lain WORDPRESS.COM, WEBNODE.COM, MULTIPLY,COM, WINDOWS LIVE SPACE, FRIENDSTER BLOG, dan masih banyak lagi. Bahkan didalam negeri juga tersedia banyak layanan blog gratis yang rata-rata berbasis perangkat lunak. Namun BLOGGER.COM banyak dipilih oleh lapisan kultur masyarakat dunia dimana fasilitas media internet dapat dibandingkan dari segi pembuatan blog tersebut, dengan alasan :

1. Tidak perlu instalasi.
Dalam pembuatan Blog, di BLOGGER.COM prosesnya tidak memerlukan instalasi apapun hanya dalam tiga tahaP proses pembuatan tersebut. Hal ini dikarenakan telah diatur oleh Group Perusahaannya yaitu GOOGLE COM.

2. Gratis untuk semua fitur.
BLOGGER.COM sungguh-sungguh sangat dermawan, kenapa? Dikarena semua fitur- fitur yang ada dalam BLOGGER.COM gratis dipakai oleh semua pengguna BLOGGER.COM, tidak terkecuali dan untuk proses mendapatkan hal tersebut sangatlah mudah.

3. Mudah dimodifikasi.
Untuk modifikasi di BLOGGER.COM, sangat bervariasi dan mudah, mulai dari design/templatenya sampai pada fitur-fiturnya. Dan ada fasilitas ”edit html”, dimana pengguna dapat mengkonfigurasi blognya dengan fitur gadget (HTML/JavaScript).

4. Mudah mengganti alamat.
Pengguna BLOGGER.COM dapat menyeting dengan gratis domain co.cc dimana fasilitas ini sangat mudah diketik URL-nya untuk kita membuka alamat blog kita.

5. Fasilitas E-mail & Selular.
Pengguna blog dapat mengedit atau memposting informasi melalui e-mail atau selular pengguna blog tersebut.

6. Fasilitas AdSense (Make Money)
Pengguna blog dapat berbisnis dengan suatu promosi produk dimana dengan fasilitas ini pengguna dapat menghasilkan uang/profit dari bisnisnya.



No comments:

Post a Comment