Thursday, February 1, 2007

TENTANG BLOG

BLOG MANAGEMENT CETECH hanya memaparkan informasi dan komunikasi teknologi dengan tujuan membangun komunitas masyarakat yang berbasis teknologi.
br />


Istilah blog merupakan kependekan dari WEB LOG merupakan diary online yang bisa dibaca oleh pengguna internet lainnya. Media ini mulai diperkenalkan oleh PYRA LABS pada 23 Agustus 1999 dengan nama BLOGGER.COM. PYRA LABS adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh EVAN WILLIAMS dan MEG HOURIHAN.
PYRA LABS menyediakan layanan ini secara gratis kepada penggunanya sehingga tidak ada dana yang diharapkan masuk melalui layanan tersebut. EVAN WILLIAMS dan MEG HOURIHAN menjalankan perusahaan ini berdua sampai mereka berhasil mendapatkan dukungan investasi dari DAN BRICKLIN yaitu pendiri TRALLIX. Dari sana kelangsungan BLOGGER.COM mulai didukung oleh program iklan dan layanan BLOGGER.COM yang bayar, Pada tahun 2002, program BLOGGER.COM akhirnya selesai disusun setelah versi beta-nya dikerjakan oleh PAUL BAUSCH dan MATTHEW HAUGHEY ketika mereka masih di PYRA LABS.

Pada tahun 2003 perusahaan ini diambil alih oleh perusahaan GOOGLE yang kita kenal dengan GOOGLE.COM dan karyawan – karyawan PYRA LABS yang ada pada saat itu ditarik masuk kedalam perusahaan GOOGLE.

Pada tahun 2004 majalah PC MAGAZINE menganugrahkan penghargaan ”People of the year” pada EVAN WILIAMS dan teman-temannya. Ke depan nanti orang akan banyak mengenal EVAN WILIAMS sebagai CEO dari layanan TWITTER.COM sebuah layanan jaringan sosial yang sedang naik daun di Amerika Serikat.

Pada tahun 2006 layanan fitur yang semula berbayar akhirnya di gratiskan seluruhnya Bahkan melalui fitur Picasa pengguna bloger.com dapat menampilkan foto-fotonya di dalam media tersebut. Terkait dengan desain blog yang sesuai dengan standar web terbaru.

Pada tahun 2007, BLOGGER.COM menempati urutan ke-16 dari daftar domain dengan jumlah penunjung berbeda (Unique) terbanyak.

Karena kemudahan yang diberikan BLOGGER.COM contohnya Program Iklan (Layanan AdSense-Make Money) dimana, seorang pengusaha dapat memulai aktivitas bisnisnya yaitu memasang iklan melalui internet (Blog) sesegera mungkin. Ia tidak perlu menyewa seorang ahli pembuat website atau ikut dalam kursus pembuatan website dan yang perlu digaris bawahi semua hal tersebut bisa dilakukan tanpa kemampuan teknis pembuat website. Blogger tertua di dunia adalah seorang nenek bernama Olive Riley, yang lahir pada tahun 1899 di New South Wales menjadi bloger tertua di dunia. Dan meninggal pada usia 108 tahun tanggal 12 Juli 2008. Salah satu blognya yang masih bisa kita akses sampai saat ini http://worldsoldestblogger.blogspot.com. Blogger termuda di dunia adalah Katherine Philip dari Indonesia merupakan blogger termuda yang mulai menulis Blog pada usia 10 tahun. Katherine merupakan salah satu siswi SD di Jakarta, Blognya bisa dilihat di http://Kathy-lilia.blogspot.com. (Source : situs http://www.youngestblogger.com)

Bapak Blogger Indonesia adalah Enda Nasution (lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Juli 1975; umur 34 tahun), beliau seorang penulis dan oleh kalangan media massa Indonesia dijuluki sebagai tokoh blog Indonesia, atau juga karena cukup banyak muncul di media mainstream untuk mempromosikan penggunaan Blog. Kontribusinya di dunia blog bermula dari tulisan panjang yang menerangkan "Apa itu blog" (http://enda.goblogmedia.com/pages/apa-itu-blog.html) yang dia tulis di tahun 2001, selain itu Enda juga berinisiatif membuat blog pertama yang khusus membahas tentang Pemilu 2004 dan kemudian blog Indonesia Help, yang memberikan update dan informasi tentang pertolongan korban bencana alam dalam Bahasa Inggris.



No comments:

Post a Comment