Sunday, April 1, 2007

BLOGGER

BLOGGER.COM merupakan situs yang paling banyak diakses pengunjung yang berbeda, dibandingkan dengan dua layanan blog yang populer lainnya, yaitu WORDPRESS.COM & MULTIPLY.COM. Dari statistik (compete.com) dibawah ini:

Kita dapat memantau junlah kunjungan ke situs BLOGGER.COM dalam setiap bulannya pada kurun waktu 1 tahun.Tampak di sana BLOGGER.COM selalu berada di atas kedua layanan lainnya. Begitu
juga kalau kita membandingkan situs-situs blog dalam BLOGGER.COM yang menggunakan domain BLOGSPOT.COM, lebih sering dikunjungi oleh pengguna internet secara random dengan WORDPRESS.COM dan MULTIPLY.COM. Hal ini dapat menunjukkan juga banyak pengguna yang create account situs-situs blognya dari BLOGSPOT.COM, sehingga menciptakan besarnya akumulasi jumlah pengakses domain BLOGSPOT.COM.

Jika kita mencari kata kunci site:blogspot.com, site:wordpress.com, site:multiply.com di GOOGLE.COM, maka terdapat data yang kurang lebih tampak seperti pada tabel dibawah ini :

Meskipun data diatas menunjukkan supremasi BLOGSPOT.COM dibandingkan dua layanan blog lainnya, namun tidak ada riset yang pasti tentang jumlah pengguna. Bahkab dari data ELISE BAUER yang dipublikasikan pada Februari 2005 melalui situsnya di www.elise.com, BLOGGER.COM juga tampak menguasai pasar layanan blog dengan market share sebesar 35 persen.
Dengan data-data diatas terdapat proporsi pengguna yang cukup tinggi dibandingkan layanan blog hosting gratis lainnya, ini dikarenakan berbagai kemudahan, fitur yang tersedia, kelebihan lainnya di BLOGGER.COM yang menjadi dominasi market share layanan blog sedunia, dan juga di Indonesia. Namun semua data-data tersebut tergantung source parameter dan metode yang digunakan sebagai penghitung jumlah pengguna di masing-masing layanan blog. Sebagai referensi pembanding, kita dapat melihat data jumlah pengguna blog pada tahun 2008 di alamat situs .

No comments:

Post a Comment