Tuesday, January 1, 2008

PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Definisi komunikasi dapat diartikan sebagai ".. satu proses perpindahan maklumat, perasaan, idea dan fikiran seseorang individu kepada individu/sekumpulan individu yang lain"

Komunikasi adalah proses interaksi, saling pengertian dan saling mempengaruhi satu sama lain antar manusia. KOMUNIKASI juga merupakan proses penyampaian ide / pesan kepada orang lain agar dapat ditangkap dimengerti, diterima atau mau mengubah tingkah laku. Misal ada dua orang bernama Ani dan Ano, keduanya dikatakan dapat berkomunikasi dengan baik jika apa yang mereka bicarakan satu sama lain “nyambung.” Keduanya saling mengerti, dan ide-ide atau pesan-pesan yang ingin mereka sampaikan ya dapat diterima dengan baik satu sama lain.

Komunikasi itu butuh proses, terkadang butuh media juga (suara, surat, alat bantu, gambar, in focus dll). Bahasa tubuh dan gerak-gerik tubuh terbukti sangat mendukung terjadinya proses komunikasi dengan lebih baik lagi. Maksud/pesan yang disampaikan komunikator (yang menyampaikan pesan) diterima, diolah dan diproses dengan baik oleh sang penerima pesan (komunikan)

Tujuan kita berkomunikasi kepada lawan bicara adalah untuk menyampaikan pesan dan menjalin hubungan sosial (social relationship). Dalam penyampian pesan tersebut biasanya digunakan bahasa verbal baik lesan atau tulis, atau non verbal (bahasa isyarat) yang dipahami kedua belah pihak; pembicara dan lawan bicara. Sedangkan tujuan komunikasi untuk menjalin hubungan sosial dilakukan dengan menggunakan beberapa strategi. Misalnya, dengan menggunakan ungkapan kesopanan (politeness), ungkapan implisit (indirectness), basa-basi (lips service) dan penghalusan istilah (eufemisme). Strategi tersebut dilakukan oleh pembicara dan lawan bicara agar proses komunikasi berjalan baik dalam arti pesan tersampaikan dengan tanpa merusak hubungan sosial diantara keduanya. Dengan berlaku demikian setelah proses komunikasi selesai antara pembicara dan lawan bicara mempunyai kesan yang mendalam, misalnya, kesan impatik, sopan, ramah, dan santun. Namun demikian untuk mencapai dua tujuan komunikasi tersebut ternyata tidak mudah. Bahkan seringkali prinsip-prinsip komunikasi sering berbenturan dengan prinsip-prinsip kesopanan dalam berbahasa. Disatu sisi kita diharuskan untuk mematuhi prinsip komunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman, tetapi disisi lain kita harus melanggar prinsip-prinsip tersebut, dengan berbasa-basi, untuk menjaga hubungan sosial. Artikel ini akan membahas beberapa strategi komunikasi yang mungkin dikembangkan oleh pembicara dan lawan bicara untuk mencapai tujuan komunikasi yang disebutkan diatas.

2. Macam – macam Komunikasi.
Ada 4 macam komunikasi yang dimaksud adalah macam prespektif komunikasi yaitu:
a. Prespektif Mekanistis : bentuk komunikasi yang menitik beratkan pada proses kausi-
kausalitas (sebab-akibat) dari komunikasi yaitu berupa efek suatu
pesan dalam jaringan komunikasi.

b. Perspektif Psikologis : komunikasi yang menitik beratkan pada audiance (penerima pesan),
pengaruh yang melatar-belakangi seorang dalam penerimaan pesan.

c. Perspektif Interaksional : proses komunikasi yang menitikberatkan pada media
komunikasi, yaitu berhubungan dengan penyebaran pesan kepada
audiance diberbagai tempat.

d. Perspektif Pragmatis : Komunikasi yang berkaitan dengan kecepatan, yaitu kecepatan
suatu pesan bisa sampai pada audiance. Kecepatan yang dimaksud
tidak hanya dari sisi waktu saja melainkan juga kesederhanaan
pesan agar lebih mudah diterima oleh audience.

3. Alat – Alat Komunikasi.

a. Kentongan :
Sebagai sarana komunikasi tradisional asal Bangkalan. Kentongan sebagai sarana komunikasi tradisional, sampai sekarang masih memegang peranan penting terutama di daerah-daerah. Walaupun terjadi perkembangan teknologi yang cukup pesat namun kentongan masih banyak kegunaannya misalnya di bidang keamanan dipakai sebagai sarana ronda malam,juga dapat dipakai sebagai petunjuk waktu yang dipukul setiap jam.

b. Pesawat Telepon.
Merupakan jenis pesawat telepon Alexander Graham Bell yang dibuat pada tahun 1882. Asal Stedelijk Historisch Museum Surabaya. Pesawat telepon merupakan sarana komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila berkembang pesat.
Pesawat telepon merupakan salah satu bentuk dari pesawat-pesawat telepon Alexander Graham Bell yang dibuat tahun 1982, yang sebenarnya merupakan penyempurnaan dari pesawat telepon yang pertama yang dibuat oelh Samuel F.B. Morse pada tahun 1852, yaitu telegraph Magnetic.

Pesawat telepon Alexader Graham Bell ini mempergunakan sistem alat berbicara menggunakan baterai terpisah dengan alat penerimanya. Suara yang bergetar di udara disebut gelombang bunyi.setiap gelombang bunyi dapat merambat melalui sinyal arus listrik yang melalui kabel.Ketika kita berbicara menggunkan telepon,gelombang bunyi dari suara kita membuat suatu piringan diafragma yang bergetar sangat cepat.diafragma akan menekan butir karbon yang berada di belakang piringan ketika bergerak masuk(mengempis) dan akan saling menutup satu sama lainnya.

Dari kejadian ini,arus listrik akan lebih mudah mengalir melewati karbon dan jika diafragma bergerak keluar (mengembang), arus listrik menjadi lebih lemah. Perubahan arus listrik ini terjadi sangat cepat, sekitar seribu kali perdetiknya. Arus listri mengalir sepanjang kabel hingga diterima oleh daun telinga telepon lainnya.

Ketika arus listrik mengalir pada kabel, magnet listrik (electromagnet) menekan diafragma di dalam daun telinga telepon penerima.arus listrik menjadi kuat atau lemah dan diafragma bergerak mengebang atau mengempis. Perubahan ini membuat getaran udara yang menghasilkan gelombang bunyi yang dapt didengar oleh kita

c. Radio
Radio adalah teknologi berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik.gelombang ini dapat merambat melalui udara dan ruang hampa udara.Gelombang radio adalah suatu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika materi bermuatan listrik dipercepat dengan menggunakan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio(RF).

Gelombang radio memiliki jangkauan 10 hertz hingga beberapa gigahertz.yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio adalah sinar gamma,sinar-x,inframerah,ultraviolet,dan cahaya tampak.ketika gelombang radio melewati kabel,osilasi dari medan listrik dan magnetik akan mempengaruhi arus bolak-balik dan tegangan pada kabe.peristiwa ini dapat menghasilkan sinyal audoio pembawa informasi.informasi inilah yang sering kita dengar di radio

Radio petama kali digunakan untuk mengirimkan pesan telegraf dengan menggunakan kode morse oleh angkatan perang.radio pun digunakan untuk memberikan perintah dan komunikasi antara angkatan darta dan angkatan laut pada perang dunia ke-2dengan populernya pesawat radio,siaran mulai dilakukuan pada tahun 1920-an,terutama di Eropa dan Amerika Serikat.

d. Televisi

Televisi merupakan alat telekomunikasi yang berfungsi menangkap siaran bergambar.kata televisi berasal dari kata tele dan vision,yang memiliki arti jauh(jauh) dan tampak(vision).jadi,televisi berarti melihat jarak jauh.penemuan telivisi disamakan dengan penemuan roda karena mampu merubah dunia.

Dalam penemuan televisi,terdapat banyak pihak yang terlibat baik perorangan maupun badan usaha.penemuan televisi tidak dapat dipisahkan dari penemuan hukum dasar gelombang eletromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday(1831).berikut sejarah perkembangan televisi dari tahun ke tahun

a. 1876-George Carey menciptakan selenium camera yang dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik.

b. 1884-Paul Nipkov seorang ilmuan Jerman berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.

c. 1888-Frederich Reinitzeer seorang ahli botani Austria menemukan cairan kristal (liquid crystals) yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan LCD.

d. 1897-Tabung Sinar Katoda(CRT) kali pertama diciptakan oleh ilmuwan Jerman bernama Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar jika terkena sinar. Penemuan inilah yang menjadi dasar pembuatan televise layar tabung.

e. 1900-Istilah televisi kali pertama dikemukakan oleh Constantin Perskyl dari Rusia pada era acara International Congres Elestricity di Paris, Perancis.

f. 1907-Percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar dilakukan oleh Campbell Swinton dan Boris Rosing.

g. 1927-PhiloT. Farnsworth seorang ilmuwan Amerika Serikat, mengembangkan televise modern pertama ketika berusia 21 tahun. Gagasanya mengenai image dissector tube menjadi kerja televisi.

h. 1929-Vladimir Kosma Zworukin dari Rusia berhasil menyempurnakan tabung katoda
yang dinamakan kinescupe. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT.

i. 1940-Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi 343 garis.

j. 1958-Sebuah karya tulis ilmiah tentang LCD sebagai tampilan kali pertama
dikemukakan oleh Dr. Glenn Brown.

k. 1964-Prototipe sel tunggal televisi pertama kali pertama diciptakan oleh Donald
Bitzer dan Gene Slottow.

l. 1967-James Fergason menemukan teknik taisted neumatic yang digunakan sebagai
layar LCD yang lebih praktis.

m. 1968-Layar LCD kali pertama diperkenalkan RCA yang dipimpin oleh George
Heilmeier.

n. 1975-Larry Weber dari universitas Illonois mulai merancang layar plasma berwarna.

o. 1979-Para ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil menemukan tampilan jenis baru
organic led diode (OLED).

p. 1981-Stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi ADTV dengan
resolusi mencapai 1.125 garis.

q. 1987-Kodak mematenkantemuan OLED sebagai peralatan display kali pertama.

r. 1995-Setelah puluhan tahun melkukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry
Webber selesai. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang.

s. Dekade 2000-Semua jebis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, plasma, maupun CRT terus mengeluarkan produk terbarunya yang lebih sempurna dari sebelumnya.

No comments:

Post a Comment